Sukses

Pegal Pinggang-Punggung

20 Oct 2014, 01:22 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dokter, suami saya sudah hampir 7 tahun bekerja dgn mengendarai sepeda motor setiap harinya dan akhir-akhir ini sering mengeluh pegal dr punggung sampai dengan pinggang serta mengalami kram pd bagian kaki dan tangan.kira-kira apa yg dialami suami saya itu ya dok? lalu jika ingin memberikan vitamin supaya stamina fit vitamin apa yg harus saya berikan?terima kasih dokter.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Keluhan suami Anda adalah rasa pegal dari punggung hingga pinggang dan kram pada tangan dan kaki. Sudah berapa lama keluhan ini dirasakan?  Kapan saja keluhan timbul? Adakah pemicu khusus timbulnya keluhan pada suami Anda?

Rasa pegal dapat muncul jika mempertahankan suatu posisi tertentu dalam waktu lama dan juga jika tidak melakukan posisi beraktivitas yang baik. Rasa pegal dapat muncul lebih banyak tergantung pada posisi. Demikian juga dengan kram pada tangan dan kaki. Keluhan pegal dan kram sangat berkaitan dengan sistem otot, tulang atau persarafan.

Suami Anda dapat mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk mendukung sistem persarafan, menggunakan anti nyeri oles (krim) jika terasa keluhan pegal dan sakit punggung-pinggang mengganggu dan terutama memperhatikan posisi beraktivitas agar baik dan benar. Jika keluhan masih terus mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lengkap. Mungkin juga diperlukan foto X-ray daerah punggung-pinggang.

Kami sertakan video:

Posisi Tubuh yang Baik dan Benar dalam Beraktivitas Keseharian

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar