Sukses

Darah Haid Merah

20 Oct 2014, 10:21 WIB
Wanita, 27 tahun.
salam dok, saya mau konsultasi tentang siklus menstruasi saya. selama 3bulan terakhir siklus saya stabil 34 hari. data HPHT 20 juli - 22 agust - 24 sept - 21 okt. siklus bulan terakhir saya 28 hari, jadi saya beranggapan siklus bulan nov 28 hari yg berarti HPHT seharusnya tgl 17 nov. tapi ternyata mundur. tgl 20 nov saya flek, ketika saya tau fleknya sudah berwarna coklat,seperti darah kering,besarnya kurang lebih lingkaran diameter 2cm. esok harinya saya anggap berhenti fleknya, hanya seperti sisa warnanya coklat muda. tgl 22 nov fleknya datang lagi, kali ini lebih banyak dan warnanya merah segar, hanya saja encer, masih keluar sampai hari ini 23 nov. hanya saja darah ini tidak ada gumpalan, tidak seperti menstruasi saya biasanya. dan tidak ada kram perut. yang mau saya tanyakan : 1. apakah darah yang keluar itu menstruasi biasa dok? karena darahnya encer dan tidak ada gumpalan 2. kalau tidak normal kemungkinan apa saja yang sedang terjadi pada siklus menstruasi saya? 3. kapan sebaiknya saya cek usg untuk mengetahui lebih lanjut tentang siklus saya bulan ini terimakasih sebelumnya atas penjelasan dokter. salam.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Nampaknya yang Anda alami adalah menstruasi biasa karena darah menstruasi dapat juga keluar dalam bentuk darah cair. Warna darah menstruasi memang berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman (merah pekat dan ada dumpalan darah) merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan.
  2. Saat ini belum ada yang perlu dikhawatirkan. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, meskipun waktunya bergeser. Bila tanggal menstruasi sebelumnya mundur atau maju, maka kemungkinan besar tanggal menstruasi berikutnya juga mundur atau maju. Siklus menstruasi dapat sedikit bervariasi (maju atau mundur 3-7 hari) bergantung pada keseimbangan hormon.
  3. Bila siklus menstruasi Anda di luar siklus normal seperti yang telah kami sebutkan di atas, maka Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar