Sukses

Cacingan ?

16 Oct 2014, 20:42 WIB
Pria, 2 tahun.
salam ,dok saya ingin menanyakan sbb: anak saya sdh 2 minggu ini perutnya kembung terus.BAB nya sehari 1x tapi tinjanya cair seperti orang diare kadang2 agak lebih bagus(lembek).tidak ada demam atau muntah. bahkan 3 hari belakangan ini malah ada lendirnya. Anaknya sendiri tetap riang,tetapi jadi males makan. Saya coba beri L-Bio sejak hari ke dua dia menderita gangguan ini hingga hari ke 6 (2x1 sachet/hr). -> Kira kira apa sebabnya dan bagaimana penanganannya,dok? Padahal biasanya dia kalau BAB cenderung sering keras / sembelit. -> Apakah mungkin ini karna dia cacingan?kata temen saya kalau anak cacingan jg bisa diare. Bila perlu saya beri obat cacing,dapatkah dokter menyarankan mereknya yg aman untuk anak seusianya? -> Apakah benar kalau mau kasih minum obat cacing ke anak,dia harus dalam keadaan sehat?(tidak sedang demam,atau batuk pilek)? Mohon informasinya,dok. Saya ucapkan terimakasih atas bantuan dokter. Salam, Riyah harun
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

sebelumnya kami ingin bertanya berapa kah usia anak anda sekarang ini?apakah masih diberikan ASI?

 

 Cacingan adalah salah satu penyakit yang tergolong tinggi kejadiannya di Indonesia. Siapapun bisa terinfeksi bila pola hidupnya kurang higienis. Cacing bisa masuk ke dalam tubuh anak-anak lewat makanan yang pengolahannya tidak betul. Misalnya, sayuran yang tidak dicuci bersih atau daging yang dimasak kurang matang. Cacing juga bisa masuk lewat pori-pori kulit, jika anak sering main tanah dan kotor-kotoran tanpa mencuci tangan sesudahnya. Obat cacing hanya diberikan apabila anak diduga menderita cacingan.

Tanda-tanda anak cacingan adalah :

  • kurus namun berperut buncit
  • berat badan tidak naik meskipun nafsu makan baik
  • anak gelisah di malam hari dan suka menggaruk bokongnya
  • gangguan lambung dan usus seperti mulas dan diare berkala
  • anak terlihat lesu dan tidak bergairah
  • demam yang hilang timbul

Cacing akan menyerap zat gizi dalam tubuh dan membuat kurus anak yang diserang. Tanda pasti untuk cacingan adalah ditemukannya telur atau larva cacing di dalam pemeriksaan feses. Namun perlu diperhatikan bahwa obat cacing hanya diberikan untuk mereka yang memang mengalami cacingan. Obat cacing tidak digunakan sebagai pencegah.

Pada anak usia 1 tahun, obat cacing hanya diberikan sesuai dengan indikasi yaitu terdapat tanda anak cacingan dan didukung dengan pemeriksaan feses yang positif.  Saya sarankan untuk membawa anak anda ke dokter apabila memang peningkatan berat badannya di bawah normal atau memiliki tanda-tanda yang saya sebutkan di atas.

Untuk pencegahan cacingan, ajari anak-anak untuk selalu mencuci tangannya sehabis bermain kotor-kotoran, terutama tanah. Untuk orang tua, cucilah sayuran di air mengalir dan masaklah daging hingga benar-benar matang. Sekian, semoga membantu.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar