Sukses

Hepatitis B positif

20 Oct 2014, 08:54 WIB
Pria, 22 tahun.
saya mengidap peanyakit heptitis b positif,,dan itu terbukti dengan HBsAg saya reaktif TV :17.44,,,dan saya sudah tes lab anti Hbc dengan hasil reaktif S/CO:12.78,,,,apakah ini berdampak buruk???dan apakah ini bisa menula??dan pengobatan apa yang harus saya lakukan????
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaan Anda tentang HBsAg positif . Menurut pendapat Kami apabila HBsAg Anda positif berarti Anda menderita Hepatitis B . Yang perlu dicheck adalah apakah hepatitis B yang Anda derita masih menularkan ke orang lain atau tidak . Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu melakukan pemeriksaan HBeAg dan Anti HBe . Apabila hasil yang didapat seperti ini :

  • HBe Ag reactive/ positif dan Anti HBe non reactive/negatif artinya Hepatitis B masih infeksius
  • HBe Ag non reactive/negatif dan anti HBe reactive/positif artinya Menderita Hepatitis B tapi sudah tidak menular lagi , disebut dengan Hepatitis B carrier .

Apabila Anda menderita Hepatitis B infeksius maka pemeriksaan lanjutnya adalah HBV DNA  untuk mengetahui aktifitas virus tersebut . Apabila hasilnya meningkat artinya virus tersebut sedang aktif berkembang biak. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah fungsi liver dengan memonitoring SGOT dan SGPT . BIla diperlukan juga dapat dilakukan USG hati . Untuk mengevaluasi HBsAg Anda yang positif , sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Internist bagian Hepatologi .

Apabila infeksi VHB bertahan lebih dari 6 bulan (infeksi hepatitis kronik), dapat diberikan obat antivirus yang disebut interveron alfa. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya sirosis hati dan kanker hati, namun tetap tidak dapat menghilangkan virus yang terdapat di dalam tubuh. Penderita hepatitis B kronik harus mengkonsumsi obat tersebut dan kontrol secara berkala ke dokter. Meskipun dengan pengobatan tersebut virus tidak dapat dihilangkan secara total, yang penting untuk dilakukan adalah menekan replikasi (perkembangbiakan) virus serendah mungkin, sehingga peradangan hati yang terjadi dapat lebih diminalisir. Virus tidak dapat dihilangkan dengan oabt herbal.

Obat antivirus interveron alfa hanya dapat diperoleh dengan resep dokter

Berikut kami sertakan artikel mengenai hepatitis B :

Hepatitis B


 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar