Sukses

BAB Berdarah

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, saya kena ambeian sudah hampir 9 tahun.Selama ini kambuh dan sembuh terus berulang. Seminggu ini saya buang air besar keluar darah. Saya telah mengunjungi dokter umum, katanya gak perlu operasi dan daerah anus saya luka, hanya diberi obat pencahar dan faktu sub. Udah 3 hari BAB tetap keluar darah. Gimana solusinya dok ? Apakah ambeian bisa menjadi kanker ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
Grade II     : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
Grade III    : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
Grade IV   : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Bagaimana dengan benjolan yang Anda alami? Penanganan wasir juga ditentukan berdasarkan tahapan wasir yang Anda alami.

Memang diperlukan perubahan gaya hidup untuk mencegah berulangnya wasir. Anda perlu sering makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sehari 2 porsi buah, dan tiap kali makan harus ada sayur dalam jumlah cukup. Perbanyak minum minimal 2-3 liter sehari. Berolah raga lah dan jangan hanya duduk saja. Jika tidak sembuh-sembuh, dapat dilakukan operasi.

Kami juga sertakan artikel berjudul:
Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir.

Kanker dan wasir merupakan hal yang berbeda. Bila benar wasir maka tidak dapat menjadi kanker. Namun, buang air besar berdarah perlu dipastikan apakah wasir atau kanker. Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter bedah digestif untuk diperiksa lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar