Sukses

Serangan Jantung 2

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 30 tahun.
sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabanya yang begitu cepat.menjawab pertanyaan yang dokter berikan. sy mengalami nyeri dada tapi tempatnya berpindah-pindah (kadang ditengah, dikiti dekat puting, dikiri dekat ketiak) nyerinya tidak terlalu berat juga intensitasnya kadan lama kandang hanya beberapa detik. cuma yang dominan adalah nyeri kepala dan lemas serta cemas/takut mati dan takut ini serangan jantung. kira-kira bagaimana ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter


Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 


 

Keluhan Anda adalah: nyeri dada yang berpindah-pindah, tidak terlalu berat intensitasnya, kadang lama kadang hanya beberapa detik. Keluhan tambahan Anda adalah nyeri kepala dan lemas. Dan Anda merasa takut dan cemas mengalami sakit jantung.

Sangat mungkin juga,  Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Apakah selama ini Anda menjalankan pola hidup sehat?

 

Sebaiknya Anda menjalani pemeriksaan fisik untuk memastikan kecemasan Anda. Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik pada jantung Anda terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

 

 

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

 

 

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

 

 

Jika memang hasil pemeriksaan jantung Anda menunjukkan hasil yang normal, maka tidak ada masalah dengan jantung Anda. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda. Anda dapat membicarakan masalah ketakutan ini juga dengan dokter Anda.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 




    0 Komentar

    Belum ada komentar