Sukses

Punggung dan Dada Sakit

19 Oct 2014, 14:49 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dokter yth. Dengan ini saya mencoba konsultasi bahwa dalam beberapa hari ini saya mengalami sakit punggung bagian kanan atas dan dada bagian atas. dugaan saya mungkin tersentak, kaget atau refleks. Nah, yang ingin saya tanyakan kenapa bisa mengakibatkan itu? apa solusi untuk menyembuhkannya dan apa yg harus dihindari..? sekian dan terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah sakit di punggung kanan bagian kanan dan dada bagian atas.
Keluhan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan otot, tulang, lambung.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan ini? Kapan saja Anda merasakan keluhan tersebut? Adakah pemicu Anda merasakan keluhan tersebut? Bagaimana deskripsi rasa sakit Anda (berdenyut, seperti ditusuk, seperti ditekan benda berat)? Adakah keluhan lain Anda rasakan (batuk, sesak, rasa terbakar di dada)? 

Jika karena gangguan otot atau persendian maka Anda perlu memperhatikan posisi Anda saat bekerja atau tidur dan melakukan perbaikan posisi. Anda bisa juga menggunakan krim anti nyeri yang dapat dioleskan pada bagian yang terasa nyeri dan pegal. 

Jika Anda memiliki sakit maag sebelumnya maka nyeri dada juga dapat merupakan gejala khas adanya peningkatan asam lambung dan naiknya asam lambung itu ke kerongkongan hingga pangkal lidah. Gangguan itu biasa disebut penyakit refluks gastroesofageal (PRGE) atau Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini juga dapat dipicu oleh stres emosional. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar