Sukses

ASI Sedikit

18 Oct 2014, 01:00 WIB
Wanita, 38 tahun.
Malam dok... 3,5 bulan yang lalu saya baru melahirkan anak saya yang pertama dengan operasi cesar stlh 5x keguguran. Dari pertama lahir anak saya susah minum dan ASI saya waktu itu belum keluar sehingga pd hari ke-4 langsung dikasih susu formula krn bilirubin sempat naik 10,7. Hari ke-4 pasca melahirkan ASI saya keluar ttp hanya sedikit shg hrs ditambah minum susu formula smp saat ini. Saya ingin sekali memberikan ASI exclusive pada anak saya. 1 bln pertama PD sering menetes dg sendirinya shg baju sering basah apalagi apabila sedang menyusui, PD sebelahnya pasti menetes. Tp mengapa saat ini hal tsb tdk pernah tjd lg? Skrg ASI sy msh keluar tp sedikit pdhl saya jg sdh mengkonsumsi moloco/ milmor maupun air rebusan daun kunyit namun hsl blm optimal. Saat ini saya sdh kembali bekerja namun saya kesulitan untuk memompa ASI. 3jam sekali sy memompa hanya mendapatkan hsl 20-30ml setiap kali memompa padahal PD sering terasa kencang bahkan smp sakit dan menggerenjel. Pernah suatu hari memompa 2x mendapatkan hsl 70ml dan 80ml. Mohon sarannya spy produksi ASI banyak lagi? Dan bagaimana caranya memompa agar hsl bs maksimal? Terima kasih. Apakah ASI saya bisa keluar banyak lagi? Bagaimana caranya agar saya dapat memompa ASI dg hasil maksimal? alagi saat ini saya sdh kembali bekerja.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung terburu-buru memberikan susu formula atau air gula. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar