Sukses

BAK Sering

20 Oct 2014, 10:02 WIB
Wanita, 20 tahun.
beberapa hari terakhir ini frekuensi buang air kecil saya meningkat dengan jumlah yang lumayan banyak. sehari +/- saya bisa buang air kecil 4-5x sehari. normalkah itu? selain itu pinggang dan perut bawah saya terasa sedikit nyeri. jujur, saya sedikit takut tentang peningkatan frekuensi buang air kecil ini karena dikeluarga saya ada yang menderita DM (kakek saya). akan tetapi saya tidak mengalami ciri-ciri penyakit DM seperti yang disebutkan di artikel-artikel kesehatan yang ada. kira-kira apakah yang sedang saya alami ini dok? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Mengenai frekuensi Buang Air Kecil yang anda keluhkan lebih sering kami akan mencoba memberi penjelasan kepada anda.Sebenarnya kebiasaan anda buang air kecil 4-5kali sehari masih bisa dianggap normal.Banyaknya frekuensi BAK tidak bisa selalu disangkut pautkan dengan penyakit DM karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi BAK.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi BAK antara lain jumlah cairan yang dikonsumsi, suhu udara,aktifitas, bahan diuretika yang merangsang kandung kemih (termasuk alkohol, kopi, teh, dan minuman lain yg ber-kafein), dan ukuran kandung kemih seseorang.

Untuk menentukan apakah kencing anda normal atau tidak, daripada menghitung frekuensinya lebih baik anda melihat warna urine anda. Jika warnanya kuning keruh (mirip teh), berarti anda kekurangan cairan, dan sebaiknya menambah minum 1-2 gelas per hari. Sebaliknya, jika urine anda jernih, dan anda merasa terlalu sering kencing, anda bisa mengurangi minum anda sebanyak 1-2 gelas per harinya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar