Sukses

Gigi Berlebih

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 19 tahun.
ketika bercermin, saya baru sadar. bahwa di rahang saya akan tumbuh 4 gigi graham di tiap pojok rahang atas dan bawah. apakah ini normal di usia saya yang seperti ini?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang Terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Apakah yang saudara maksud bahwa di setiap pojok rahang saudara ini akan tumbuh masing-masing 4 gigi geraham padahal saat ini gigi geraham saudara sudah tumbuh semua/komplit?Bila iya mungkin saudara mengalami supernumerary teeth.

Supernumerary teeth adalah gigi tambahan/berlebih, sehingga jumlah gigi yang terbentuk dalam rahang lebih banyak dari jumlah normal. Supernumerary teeth dapat menyebabkan susunan gigi-geligi yang terlalu berjejal atau malah dapat menghambat pertumbuhan gigi sebelahnya.
 
Berikut ini tulisan singkat mengenai supernumerary teeth
 


Biasanya dalam menentukan diagnosa perlu dilakukan pemeriksaan radiografik dental atau panoramik untuk memastikan jumlah gigi memang melebihi jumlah normal.


Diagnosa sedini mungkin dan perawatan yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah kelainan yang lebih parah. Perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi tergantung dari keparahan kasus. Biasanya dilakukan tindakan pencabutan gigi yang berlebih atau hanya dilakukan observasi bila ada pertimbangan-pertimbangan tertentu.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar