Sukses

Diet Sayuran

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 23 tahun.
Salam sejahtera, Saya mau bertanya,1) apakah sarapan bubur yang dicampur sayuran tidak boleh berkaitan dengan aktivitas olah raga dan kegiatan sehari-hari? 2) Ukuran satu porsi sayur itu untuk yang berdiet penurunan badan berapa dan bagaimana pula dengan yang hanya untuk mencukupi kebutuhan serat? 3) Bagi yang berdiet menurunkan berat badan sudah benarkah hanya memakan sayuran saja? berdasarkan pengalaman teman, ketika dia berdiet cuma makan sayuran, beliau mengalami diare. Pertanyaan saya apakah ada efek laksatif atau sejenisnya atau mungkin ada efek lain akibat penumpukan serat ditubuh karena ketika saya tanya BAB nya juga tidak lancar semenjak menjalankan diet sayuran. Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


1.Tidak ada masalah bila anda ingin beraktivitas olah raga dan kegiatan sehari-hari asalkan jumlah kalori dan gizi yang terdapat dalam makanan yang anda konsumsi dapat memenuhi kebutuhan tubuh anda sehari-hari.

 

2 & 3.Salah besar jika anda ingin berdiet untuk menurukan berat badan lalu anda hanya mengkonsumsi sayur-sayuran saja.Tubuh memerlukan zat gizi seperti karbohidrat,lemak,protein dan mineral-mineral lainnya yang tidak bisa anda dapatkan dari sayuran saja.

 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan  untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar