Sukses

Anyang-Anyangan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat sore Dok, Mohon penjelasannya, saya berumur 27thn dan sudah hampir 4bln menikah. Sampai saat ini saya belum hamil. Yang mau saya tanyakan, terakhir saya haid tgl 17 Oct dan pd tgl 30 Oct kmrin saya mengalami anyang-anyangan(kencing terasa sakit, dan ada tetesan darah sedikit), hal itu terjadi hnya 1 hr itu saja. Dan pada tgl 2-Nov sampai 3 Nov saya ngerasa perut kram, sakit melilit mulai dari batas celana dalam keatas. Pinggang dan punggung saya juga sangat sakit. Apakah ada kemungkinan ini ciri2 kehamilan. Dan sampai saat ini saya duduk tidak bisa menunduk sedikit, harus tegak karena perut terasa sesak dan penuh. Terima kasih atas penjelasannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah saat buang air kecil Anda merasakan perih, panas? Anyang-anyangan dapat merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Selain itu, gejala lainnya adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas.

ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dikarenakan anatomi uretra pada wanita yang lebih pendek sehingga memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih. Beberapa faktor risiko yang memudahkan seorang wanita dewasa terkena ISK adalah pemakaian diafragma, hubungan seksual menggunakan kondom dengan spermisida, lokasi mulut uretra yang dekat dengan vagina serta anus (banyak bakteri), dan uretra wanita yang pendek.

Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Apabila dengan minum banyak masih juga mengalami gejala, maka berkonsultasilah ke dokter spesialis penyakit dalam karena kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik.

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda selalu minum 1,5-2L/hari, jangan menahan berkemih, membasuh dari depan ke belakang alat kemaluan ketika selesai berkemih, bersihkan alat kemaluan sebelum berhubungan seksual, dan hindari pemakaian pembersih vagina seperti douche karena dapat mengiritasi saluran kemih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar