Sukses

Efek Pil Pelangsing?

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok,saya mau nanya.. akhir-akhir ini saya merasa jantung saya berdetak "keras".jadi kalau misalnya saya lagi dalam posisi tidur/duduk dan suasana hening(tidak ribut),detakan jantung sangat terasa sekali.disamping itu saya juga merasa seperti ada getaran di dalam tubuh dan getaran nya terasa pada tangan dan kaki saya juga.dan kalau saya melakukan aktivitas,saya juga 'lumayan' gampang capek. tapi sebenarnya dok,11 bulan yang lalu saya mengkonsumsi obat pelangsing sebanyak 40 pil(tidak dikonsumsi sekaligus,tetapi 3 tahapan dan waktu nya berjangka), dan pada saat/selama saya mengkonsumsi obat tersebut,memang jantung saya terasa seperti berdebar-debar, tetapi kalau saya tanya kepada mbak penjual obat nya,si mbak nya bilang ga apa-apa,dia bilang kalau itu merupakan efek dalam mengkonsumsi obatnya. memang setelah saya konsumsi,berat badan saya turun menjadi 52 kg,akan tetapi sekarang jadi naik lagi menjadi 63 kg. saya juga jarang olah raga dok, apalagi 3 bulan belakangan ini aktivitas saya memang tidak banyak,dan mungkin karna ga olah raga+aktivitas sedikit,berat badan saya naik.oh ya,saya tidak merokok dok,dan selama ini saya tidak pernah sakit berat sampai harus ke rumah sakit,biasanya kalau sakit paling hanya demam,batuk,atau pilek. dari penjelasan saya diatas,saya mau nanya dok: 1.apakah saya terkena penyakit jantung? 2.apakah kalau saya diet lagi(diet sehat tanpa menggunakan obat pelangsing)gejala-gejala tersebut diatas akan hilang? 3.tindakan apa yang harus saya lakukan sekarang? terimakasih dok..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1. Untuk mengetahui keluhan "detak jantung keras" yang Anda rasakan merupakan penyakit jantung atau bukan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang (misal: EKG). Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lengkap. Keluhan Anda saat ini memang tidak spesifik untuk penyakit jantung dan beberapa obat tertentu dapat memberikan efek samping jantung berdebar-debar. Hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan.

2. Kami tidak mengetahui isi/bahan aktif dari obat yang Anda konsumsi sehingga kami tidak dapat memastikan bahwa keluhan Anda disebabkan karena efek obat pelangsing yang Anda konsumsi sebelumnya. Demikian juga, kami tidak dapat memastikan apakah keluhan Anda akan menghilang jika menghentikan konsumsi obat tersebut.

3. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter untuk memastikan penyebab keluhan Anda, bila mungkin membawa obat pelangsing yang Anda konsumsi. Kemudian, Anda juga dapat memulai program menurunkan berat badan dengan lebih sehat dan alami. Berikut tips-tips yang dapat kami berikan:

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.


Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi. Selain diberikan diet yang tepat, dapat juga diberikan obat untuk membantu menurunkan berat badan.

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:


Perlukah Menurunkan Berat Badan?

10 Makanan Turunkan Berat Badan


Snack Malam Tingkatkan Berat Badan

Pil Penurun Berat Badan, Amankah?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar