Sukses

Hamil atau Tidak?

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat Siang, Dok?? Mohon bantuannya... Bulan agustus saya mens tgl 29, bulan sept saya mens tgl 30. Itu telat 4 hari karena siklus haid saya selalu 30 hari. Namun bulan oktober saya g haid. Saya iseng tespek tgl 29 oktober dan hasilnya muncul garis 2, namun garis ke 2 agak pink pudar. Kemudian saya test lagi tgl 31 oktober hasilnya tetep sama. Untuk memastikan lagi, saya tespek tanggal 4 November, hasilnya sama namun garis ke 2 sudah berwarna merah terang. Saat itu juga saya pergi ke rumah sakit untuk chek, sampai sana perut saya cuma di tekan2 kemudian di beri resep?? karena aq baru pertama ke dokter kandungan,jadinya bingung dan tidak banyak tanya. Saya menikah sudah 11 bulan dan ini anak pertama saya. Saya juga g sempat tanya ke dokter, apa saya hamil. Dan suami saya sempet tanya kok g pake di test, namun kata suster khan sudah di tes pake tespek kan?? berarti memang hamil. Dokter memberikan resep folavit, theragran m dan 1 lagi saya lupa,dok?? tapi kok g di beri penguat y,dok?? yang ingin saya tanyakan, apa saya hamil beneran,dok?? dan kira2 berapa usia kandungan saya?? Saya tuunggu jawaban dokter segera... thanx
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kegelisahan Anda. Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Bila terjadi kehamilan maka tidak akan terjadi menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih

  • pembesaran dan nyeri payudara

  • mual

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

     

  • dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja. Dan bukan dalam bentuk perdarahan yang banyak.

 

 

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning 

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti.

Memang pemeriksaan test pack perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Hasil positif test pack memang sudah bisa didapatkan 8 hari setelah terjadinya pembuahan dan kadar hormon akan terus meningkat. Sedangkan kantung kehamilan (gestational sac) biasanya baru dapat terdeteksi oleh alat sekitar usia 4-5 minggu.

Pada usia kehamilan awal, memang struktur janin belum dapat terlihat jelas sehingga memang yang dapat terlihat dan diukur adalah kantong gestasi. Anda sebaiknya bersabar untuk memeriksakan diri lagi (pemeriksaan USG) 2-3 minggu kemudian dan tetap mempersiapkan diri untuk kehamilan, sampai terbukti bukan, dengan istirahat cukup, nutrisi seimbang dan menghindari konsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan.

Untuk panduan informasi lengkap Anda, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar