Sukses

Imunisasi HiB dan IPD

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 39 tahun.
Putera saya Fathan 11 bulan+ blm pernah imunisasi Hib, (hanya imunisasi yang diwajibakan saja) apakah usia 1thn + boleh imunisasi Hib ? hrs brp kali ? apakah Hib sama dengan IPD, sampai usia brp imunisasi ipd dianjurkan, perlu kah imunisasi IPD ini ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

LIL atau Lima Imunisasi Dasar Lengkap merupakan program yang dirancang pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan anak Indonesia. Adapun imunisasi yang termasuk dalam LIL adalah: BCG, Hepatitis B, DPT, Polio dan Campak. Untuk imunisasi anjuran terdapat imunisasi Hib, pneumokokus (PCV), influenza, MMR, Tifoid, hepatitis A, Varisela, HPV.

Imunisasi Hib dapat diberikan sebagai salah satu cara pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Hemophilus Influenza tipe B seperti meningitis, pneumonia, umumnya diberikan sebagai kombinasi dengan DPT.

Imunisasi PCV sebagai pencegahan penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae yang disebut IPD. IPD (Invasive Pneumoccocal Disease), merupakan sekelompok penyakit ganas yang disebabkan kuman Streptococcus pneumoniae (pneumokokkus). Bakteri tersebut secara cepat dapat masuk ke dalam sirkulasi darah dan merusak (invasif) serta dapat menyebabkan infeksi selaput otak (meningitis) yang biasa disebut radang otak.
Penelitian menunjukkan, sebagian besar bayi dan anak di bawah usia 2 tahun pernah menjadi pembawa (carrier) bakteri pneumokokus di dalam saluran pernapasan mereka. Oleh karena itu, bayi baru lahir  hingga bocah usia 2 tahun berisiko tinggi terkena IPD.

Untuk waktu pemberian dapat dilihat pada lampiran Jadwal Imunisasi berikut.

Untuk usia anak Anda saat ini yang terpenting adalah tetap meneruskan imunisasi dasar wajib (LIL) dan dapat diberikan imunisasi anjuran Hib dan PCV.

Imunisasi HiB diberikan sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 2 bulan untuk 3 imunisasi pertama dan rentang 3 bulan untuk imunisasi ke-4. Menurut CDC (Center for Disease Control and Prevention) Anda tetap dapat memberikan dosis pertama Hib pada saat ini di usia 11 bulan, dan kemudian berikan dosis kedua dengan selang waktu 4 minggu. Kemudian dosis yang ketiga (terakhir) diberikan pada usia antara 12-15 bulan. Jadi hanya sebanyak 3 kali.

Imunisasi PCV disarankan diberikan pertama kali pada anak usia 2 bulan sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 2 bulan untuk masing-masing imunisasi. Namun apabila anak sudah berusia lebih dari 1 tahun, akan diberikan imunisasi PCCV sebanyak 2 kali dalam rentang waktu 2 bulan dan pada usia 2-5 tahun imunisasi PCV diberikan 1 kali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar