Sukses

Perut Kembung, Hidung Tersumbat

18 Oct 2014, 03:39 WIB
Pria, 36 tahun.
Selamat siang Dok, saya ingin berkonsonsultasi mengenai hal sbb: 1.pertama, saya sering mengalmi perut kembung dan keras tapi tidak disertai mual dan perih ketika malam hari & hal ini saya hampir setiap hari, apakah ada masalah dengan organ dalam saya ? 2.kedua, hidung saya selalu terasa seperti tersumbat seperti sedang flu dan seperti ada lendir tapi tidak dapat di keluarkan lewat hidung,sehingga harus di hisap dahulu kemudian dikeluarkan kembali melaui mulut, apakah ada ganggunan dengan paru-paru saya? sebagai informasi saya seorang perokok aktif. Mohon solusinya dan apa yang harus saya lakukan, terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Keluhan Anda adalah perut kembung dan keras, tidak mual, tidak perih; hampir setiap hari dan hanya pada malam hari. Sejak kapan hal ini terjadi? Keluhan tersebut merupakan salah satu gejala yang termasuk ke dalam sindrom dispepsia. Penyebab dispepsia dapat disebabkan karena tidak teraturnya pola makan atau terdapat luka (ulkus peptikum), atau karena adanya infeksi bakteri. Bagaimana dengan pola makan Anda? Bagaimana dengan pola BAB Anda? Sulit buang air besar/jarang BAB juga dapat menyebabkan perut kembung. Bagaimana dengan pola istirahat Anda?
  2. Keluhan lain adalah hidung selalu terasa tersumbat, lendir sulit dikeluarkan. Anda adalah perokok aktif. Hidung tetap dapat tersumbat meskipun tidak ada cairan (ingus) yang keluar dari hidung. Hal tersebut dapat terjadi karena penyebab hidung tersumbat bukanlah akibat terlalu banyak ingus di dalam hidung sehingga menghambat aliran udara masuk ke dalam hidung, namun keluhan hidung tersumbat muncul akibat terjadinya pelebaran pembuluh darah di dalam rongga hidung sehingga terjadi pembengkakan jaringan yang melapisi rongga hidung. Pembengkakan jaringan inilah yang menghambat aliran udara untuk masuk ke dalam saluran napas. Ketika pembuluh darah kembali ke ukurannya yang semula, maka pembengkakan jaringan akan hilang dan keluhan hidung tersumbat pun dapat menghilang dengan sendirinya.
    Hidung tersumbat dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :
  • Infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri
  • Sinusitis
  • Alergi
  • Pasca penggunaan obat tetes hidung selama lebih dari 3 hari
  • Polip hidung
  • Rhinitis vasomotor
  • Dll

    Karena keluhan yang anda rasakan tidak khas, maka sulit bagi Kami untuk dapat mengetahui penyebab hidung tersumbat pada diri Anda tanpa dilakukan pemeriksaan secara langsung. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap hidung dan tenggorokan Anda untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar