Sukses

TBC Epididimis

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 38 tahun.
Hasil USG di scrotum saya memperlihatkan bahwa saya ada satu benjolan di epidididemis saya. Kata dokter sih bukan kista. Dokter curiga saya terkena TBC epididimis. Namun, untuk menegakkan diagnosa, dokter urologi saya menganjurkan untuk operasi biopsi sehingga bisa dipastikan penyakitnya dan pengobatannya. Yang hendak saya tanyakan: 1. Apakah kecurigaan dokter urologi tersebut mungkin? 2. Apakah penyakit ini umum terjadi? berbahayakah? menularkah? 3. Apa penyebab penyakit ini? 4. Apakah untuk mengetahuinya harus dilakukan operasi biopsi? terima kasih sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1, 4. Ya, mungkin. Dokter telah melakukan pemeriksaan USG skrotum sehingga diagnosis banding dapat diajukan. Untuk memastikan diagnosis tersebut, terkadang dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut lagi, seperti biopsi.

 2, 3. Tuberkulosis Epididimis memang jarang terjadi, tapi kasusnya memang ada. Penyakit ini perlu segera ditangani karena proses infeksi terus berjalan, dapat semakin menyebar dan dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan). Tuberkulosis epididimis merupakan tuberkulosis ekstraparu (selain paru) yang dapat terjadi jika sebelumnya telah terjadi infeksi TBC di bagian tubuh lainnya. Penularan kuman Mycobacterium tuberculosis, yang menyebabkan TBC dapat terjadi melalui saluran pernapasan dan menyebar di seluruh tubuh melalui aliran darah, aliran getah bening dan pada kasus saluran kemih dan genital dapat juga melalui urin yang terkontaminasi kuman TBC.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar