Sukses

Imunisasi PCV

19 Oct 2014, 17:59 WIB
Pria, 34 tahun.
dear dokter, salam hangat.. anak saya di imunisasi PCV pertama umur 9 bulan pada tgl 27 agustus 2011, lalu tgl 21 okt 2011 kmrn anak saya sakit radang tenggorokan (strep throat, saya tau itu karena diberi antibiotik oleh dokter & tidak ada flu pada anak saya). Apakah ada hubungannya? mengingat penyebab IPD adalah bakteri streptococcus sama dengan penyebab strep throat. Apabila imunisasi PVC keduanya tidak dilanjut dampaknya apa? mohon pencerahan & terimakasih sebelumnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kejadian sakit radang tenggorokan pada anak Anda tidak berhubungan dengan imunisasi PCV-nya karena jaraknya jauh. Pemberian antibiotik pada penyakit radang tidak serta merta penyebabnya adalah bakteri Streptokokus, selain itu Streptococcus pneumonia tidak menyebabkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan karena bakter Streptokokus biasanya disebabkan oleh Streptokokus grup A yang berbeda spesies (Streptococcus pyogenes).

Vaksin IPD (Invasive Pneumococcal Disease) merupakan vaksin untuk melindungi anak dari sekelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus (Streptococcus pneumonia) yang dapat menyebabkan penyakit radang otak, radang paru hingga infeksi sistemik (bakteri di dalam darah).

Pemberian vaksin yang tidak sesuai dengan dosis/tidak dilanjutkan sesuai jadwal akan menyebabkan pembentukan imunitas (perlindungan) tubuh yang tidak sempurna sehingga tidak akan mencapai tujuan pemberian vaksin tersebut, sehingga pemberian vaksin dosis pertama malah kemudian menjadi sia-sia.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar