Sukses

Benjolan pada Payudara

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 39 tahun.
Dokter yang terhormat, Dua hari yang lalu saya menanyakan masalah benjolan yang ada di payudara kanan saya di bagai dalam (bukan yg dekat ketiak)Saya tidak tahu apakah pertanyaan saya sdh terkirim, karena sampai sekarang belum ada jawaban, jadi saya ulang pertanyaan saya ini. Dokter yang terhormat, Benjolan yg ada di payudara saya skrg kira-kira sebesar telur ayam. Keras,tidak terasa sakit dan tidak berubah tempat. Pertama kali ada, sy tidak tau pasti. Kira" tahun 2009-2010 awal sudah ada sebesar kelereng. Tahun 2001 anak pertama sy lahir dan hanya mau ASI 2 minggu. Waktu sy berhenti menyusui payudara sy tidak keras dan tidak sakit. September 2010 anak kedua sy lahir dan sy masih meyusui hingga sekarang, meskipun ASI sy tidak banyak.Dia hanya mau ASI malam hari. Demikian uraian sy, yang ingin sy tanyakn apakah benjolan ini berbahaya? kedokter apa saya harus periksa?. Atas jawaban yang dokter berikan sy ucapkah banyak terima kasih. Salam.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemeriksaan benjolan memerlukan pemeriksaan lengkap.

Benjolan atau tumor pada payudara bisa berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Untuk memastikan juga perlu dilakukan mammografi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar