Sukses

Pikun

19 Oct 2014, 08:10 WIB
Wanita, 23 tahun.
Pagi Dok, nenek saya umur 65 tahun pernah mengalami gegar otak ringan, setelah beberapa lama kemudian nenek saya menjadi pikun, apakah gegar otak tsb memicu timbulnya pikun?apakah pikun itu dapat disembuhkan dengan cara hipnoterapi? atau mungkin dengan pengobatan lain? pikun apakah dapat normal kembali??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara umum, tanpa mempertimbangkan kejadian gegar otak ringan yang pernah terjadi pada nenek Anda, mereka yang berusia lanjut memang rentan mengalami demensia (pikun). Bila terjadi gangguan pembuluh darah karena gegar otak maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kepikunan pada nenek Anda. 

Demensia adalah gangguan fungsi kognitif menyeluruh dari otak. Hal ini ditandai gangguan fungsi memori atau daya ingat. Awalnya memori jangka pendek yang terganggu disusul jangka menengah dan panjang, tergantung tingkat keparahannya, ujarnya. Kondisi ini disertai satu atau lebih gangguan fungsi kognitif lain di antaranya kemampuan berbahasa, orientasi, eksekutif atau kemampuan bertindak secara berencana dan mengambil keputusan, berhitung dan pengenalan benda.

Untuk menangani kepikunan agar tidak semakin progresif, seseorang dapat terus di-stimulasi untuk memiliki berbagai aktivitas otak, seperti membaca, bercerita, menjahit, merajut, dll. Untuk membedakan demensia yang disebabkan karena proses degeneratif (penuaan), atau karena penyakit alzheimer perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis saraf.

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel:

Latih Otak, Singkirkan Demensia.

Ingin Cegah Kepikunan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar