Sukses

Sulit Hamil Kembali

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 29 tahun.
anak 1 & 2 saya meninggal dlm kandungan saat usia 9 bulan & 4 bulan.selisih kehamilan 1, 2 & 3 per 3 bln.anak ke 3 sy skr usia 5 thn,selama 4 thn ini sy tdk memakai kontrasepsi apapun berharap dapat hamil kembali.tapi sampai saat ini blm hamil juga apakah siklus menstruasi tidak lancar penyebab utama ( harus dipancing obat dulu jika ingin mens )?suami perokok tapi tidak banyak.anak 1 caesar, ke 2 normal, ke 3 caesar.maksimal brp kali caesar yg dianjurkan?saya bersih dr thalasemi,rubella,tokso dan sejenisnya.knp jarak anak pertama hingga ke 3 bisa rapat tp stlh itu susah hamil ?terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, dan turut prihatin dengan kehilangan yang pernah Anda alami.

Ya, siklus menstruasi yang tidak lancar dapat mempersulit terjadinya kehamilan. Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Untuk hamil kembali, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan untuk pemeriksaan kondisi kesehatan reproduksi dan hormon saat ini.

Tidak ada batasan khusus berapa kali operasi seksio sesar boleh dilakukan. Setelah operasi seksio sesarea masih boleh hamil lagi tetapi tentu dengan pengawasan kehamilan yang lebih ketat karena resiko terjadinya robekan pada rahim (ruptura uteri) di tempat operasi sebelumnya lebih besar. Tetapi dengan teknik operasi sekarang ini dan perkembangan obat-obatan (mis:antibiotik,anti perlengketan), umumnya penyembuhan luka operasi lebih baik, sehingga resiko robekan rahim lebih rendah. Tentu setelah sesar 2 kali maka yang berikutnya juga harus dilakukan sesar kembali dan kadang-kadang harus dilakukan lebih dini dari seharusnya (biasanya pada usia kehamilan 38 minggu) tergantung kondisi rahim dan janin pada saat pemantauan kehamilan.

Ketidakseimbangan hormonal dapat mempengaruhi kesuburan, mungkin hal itu yang membuat jarak dekat kehamilan kembali dan kesulitan saat ini. Namun, hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar