Sukses

Cairan Kental Dari Anus

20 Oct 2014, 10:27 WIB
Pria, 40 tahun.
Pada bulan Juli 2011, ada benjolan di dinding luar pinggir anus sebelah belakang bagian kiri. Tidak keluar dari dalam. pada saat pertama muncul terasa sakit, panas dan keluar cairan kental yang (ma?af) baunya sangat tidak enak. Apakah ini ambein? Sebelumnya, pada bulan Januari 2011, saya BAB keluar darah, karena saat itu habis Diare lama. Setelah itu sembuh tidak keluar darah lagi, Dan setelah dua dua bulan, terasa sakit dan bertambah lama bertambah sakit. Setelah saya lihat ada benjolan seujung jari kelingking, dan ketika saya tekan kleuar cairan yang baunya sangat tidak sedap. Cairan berupa lendir ini selalu keluar sampai saat ini. Penyakit apakah ini? Segitu dulu. Salam,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara Yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan benjolan pada anus Anda memerlukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui diagnosis pastinya. Kemungkinan keluhan Anda adalah wasir/ambeien/hemorrhoid atau anal fistula.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II     : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III    : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV   : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Memang tidak obat yang dapat mengobati wasir. Caranya adalah dengan pencegahan, perubahan gaya hidup dan jika tidak sembuh-sembuh memang dapat dilakukan operasi.

Sedangkan anal fistula adalah adanya saluran penghubung antara anus dan kulit yang menetap hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.

Penyebab anal fistula adalah sumbatan (bisa akibat kotoran/feses, luka atau benda asing)dan infeksi dari kelenjar di daerah dubur yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur, kulit menjadi merah, sakit dan ada benjolan (penderita biasanya merasakan demam).

Peradangan ditambah dengan adanya kuman akan mengakibatkan terbentuknya abses /nanah. Dengan bertambahnya kumpulan nanah maka rasa sakit juga akan bertambah. Pada tahap ini pemberian antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan/menghilangkan nanah. Oleh karena itu tujuan terapi adalah menghilangkan nanah yang ada melalui proses drainase (dialirkan keluar melalui pembedahan). Akan tetapi, nanah dapat pecah sendiri (spontan). Setelah nanah keluar dan luka mengering, ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah. Meskipun tidak sakit tetapi akan mengganggu kehidupan sehari-hari.  Kondisi ini disebut anal fistula.

Untuk memastikan diagnosis, sebaiknya Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesilalis bedah dan dapat mendiskusikan pilihan-pilihan penanganan yang optimal bergantung pada diagnosis dan keparahan penyakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 



    0 Komentar

    Belum ada komentar