Sukses

Keguguran, Tak Dikuret

18 Oct 2014, 19:42 WIB
Wanita, 41 tahun.
6th yang lalu sy ke guguran pd usia kandungang 3bln tp tdk smp dikuret apa saya masih bisa hamil lagi(janin tdk tubuh normal) sy tdk pernah program KB kl mssih memungkinkan langkah apa yg harus sy tempuh haid normal pernah beberpa kali terlambat smp 2minggu terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah 6 thn yang lalu, Anda mengunjungi dokter? Apakah dokter sudah menyatakan pada saat itu kalau Anda tidak perlu dikuret?

Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda? Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kehamilan.

Pasangan baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. "Lalu bagaimanakah frekuensi dan kualitas hubungan seksual Anda selama ini?

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Seringkali diperlukan pemeriksaan USG rahim, juga terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Namun tentunya pemeriksaan hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana. Selain Anda, suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Karena sudah berselang 6 tahun dari kehamilan terakhir Anda, dan Anda tidak memakai metode kontrasepsi selama ini, maka sebaiknya Anda dan suami mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi lebih lanjut.

Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda dan suami, tentunya yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar