Sukses

GERD dan Jantung

20 Oct 2014, 01:10 WIB
Pria, 26 tahun.
Hallo Dok, yang saya mau tanyakan apa hubungannya antara GERD dan Jantung ya? keluhan yang saya rasakan sekarang ini, 1. Perut Terasa kembung (terutama malam hari, setelah makan malam) 2. cepat terasa kenyang 3. sering sekali bersendawa 4. susah BAB 5. kalau sedang kembung (banyak gas) sering sesak napas 6. Detak jantung suka berdetak cepat/terkadang teras keras detaknya tapi denyutnya normal 7. susah kentut 8. badan sering nyeri (paling sering di lengan kiri) 9. dada terasa ndesek, nyeri, dan panas 10. sering pusing 11. kalau mau lakukan aktivitas cepat lelah 12. naik tangga lelah, dan jantung berdetak cepat 13. tapi kalau saya olahraga (seperti: lari, futsal & fitnes) itu normal-normal saja. saya dulu pernah EKG denyut nadi normal, tapi tekanan darah saya tinggi 150/90 (mungkin karena saya stress memikirkan penyakit saya ini), Kolesterol normal (total 180), asam urat normal (total 5,4). Mohon bantuannya dok, sebenarnya saya sakit apa? dan apa yang harus saya lakukan. Terima kasih,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Seperti yang telah Anda sampaikan sebelumnya, dan juga pernah kami jelaskan sebelumnya mengenai keluhan Anda

(Tanya Dokter: Sesak dan Sakit Dada

). GERD dan Jantung merupakan penyakit yang berbeda dan terpisah.

Hasil pemeriksaan fisik jantung Anda tampak normal. Hasil pemeriksaan tekanan darah Anda perlu diulang dan dipantau kembali apakah menurun atau tetap tinggi.

Keluhan perut kembung, cepat terasa kenyang, sering sekali bersendawa, susah BAB, sesak napas jika banyak gas, susah kentut merupakan keluhan-keluhan pencernaan. Bagaimana dengan pola makan Anda? Bagaimana dengan variasi makanan Anda?

Keluhan detak jantung berdetak cepat; badan sering nyeri; dada terasa mendesak, nyeri dan panas; sering pusing; cepat lelah tapi kalau berolah raga normal. Keluhan-keluhan ini berhubungan dengan stamina dan seberapa fit tubuh Anda. Bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Bagaimana dengan pola istirahat Anda? Bagaimana dengan pola olah raga Anda?

Adakah saat ini Anda cemas dengan beban pikiran tertentu, ataukah Anda memiliki sumber stres tertentu?

Stres, cemas terhadap beban pikiran tertentu (takut sakit, dll) sebenarnya berkaitan dengan pikiran Anda dan bukan pada keadaan fisik Anda. Jika Anda sedemikian mengkhawatirkan kondisi fisik Anda, sebaiknya Anda melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar