Sukses

Hati-hati menggunakan Obat Semprot Hidung Jangka Panjang

12 Nov 2014, 00:12 WIB
Wanita, 28 tahun.

Assalamu alaikum dokter, dokter saya penderita alergi yang membuat hidung saya tersumbat sepanjang hari. Alergi ini telah saya derita selama 6 tahun. Saya telah mengunjung beberapa dokter THT didaerah saya. Ada dokter yang memerikan saya resep obat semprot hidung avamys spray dan hasilnya tidak terlalu saya rasakan, ketika saya mengunjungi dokter tht lainnya saya diberi nasacort sparay. saya lebih merasa lebih lega menggunakan obat ini. Tetapi saya sendiri bingung dengan banyaknya obat yang saya pakai, saya takut dengan efek sampingnya. apakah efek samping dari kedua obat semprot hidung tsb dokter berbahaya bagi kesehatan? Sebaiknya saya menggunakan obat yang mana dokter dan bebera lama saya boleh memakai obat tsb. apakah penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabakan munculnya penyakit lain seperti kanker atau yang lainnya? terimaksih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kedua obat yang Anda sebutkan memang ditujukan untuk mengatasi gejala radang hidung karena alergi musiman maupun tahunan. Namun Kami tidak diperkenankan untuk menyebutkan merek obat disini, untuk itu Kami akan menyebutnya dengan obat A (untuk obat yang pertama Anda sebutkan) dan obat N (untuk obat kedua).

Zat yang terkait dalam obat A adalah fluticasone furoate. Dalam pemakaiannya, perlu perhatian khusus pada pasien dengan penyakit hati berat, gangguan fungsi kelenjar adrenal, riwayat peningkatan tekanan dalam mata, penyakit glaukoma dan atau katarak, serta pada wanita hamil dan menyusui (penelitian pada hewan menunjukkan adanya efek samping pada janin, namun belum ada penelitian langsung terhadap wanita hamil). obat ini mempunyai efek samping membuat mimisan dan luka pada rongga hidung.

Sedangkan obat N mengandung zat Triamcinolone acetonide. Perlu hati-hati pemakaiannya pada pasien dengan infeksi lokal pada hidung dan tenggorokan akibat jamur C. albican, luka rongga hidung yang baru terjadi, pembedahan atau trauma pada hidung. Efek sampingnya adalah gejala seperti flu, infeksi kerongkongan, radang dan iritasi hidung, hipersensitivitas (termasuk ruam kulit, gatal, biduran, bengkak pada wajah), insomnia, sakit kepala, pusing, gangguan pengecapan dan penciuman, mimisan, bersin-bersin, sesak nafas, hidung tersumbat, kelelahan, dapat mempengaruhi kemampuan mengemdi kendaraan atau mesin.

Efek samping ini berbeda pada tiap individu, tergantung dari reaksi tubuh yang terjadi. Kedua obat ini perlu pemantauan berkala jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Pada anak-anak dapat berakibat penurunan kecepatan pertumbuhan sehingga harus dipantau secara berkala. Walau demikian, belum ada kejadian kanker yang dilaporkan yang disebabkan karena pemakaian obat-obat ini.

Ada baiknya Anda kembali berkonsultasi kepada dokter spesialis THT Anda mengenai masalah pilihan terapi ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar