Sukses

Nyeri Rusuk dan Kepala

18 Oct 2014, 23:20 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok saya mau tanya, saya sering sekali merasakan nyeri pada tulang rusuk kadang sebelah kiri kadang sebelah kanan, selalin itu juga juga kadang terasa nyeri didada, biasanya terjadi saat bernafas, jika saya menahan nafas rasa nyeri itu hilang,, sebelunya saya punya penyakit asma karena alergi udara, apakah nyeri yang saya rasakan itu terkait karena asma alergi udara itu??? tapi saat nyeri itu saya tidak sesak nafas,, selain itu biasanya saya juga sering merasakan nyeri pada kepala,, pertamanya kepala bagian belakang tapi kini sedah mulai kedepan, rasanya sakit sekali tak tertahankan,, kenapa ya dok?? dan itu sering. terimakasih sebelumnya dok :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Kami sulit memberikan pencerahan bila Anda kurang memberikan informasi yang lengkap mengenai keluhan Anda. Berapa lama keluhan ini sudah berlangsung? Bagaimana karakteristiknya, apakah nyeri seperti ditusuk-tusuk, atau seperti ditekan. Berapa lama nyeri itu berlangsung bila muncul? Seberapa kuat sakitnya? Apakah Ada keluhan lain selain sakit dada, seperti demam? Bagaimana cara Anda menghilangkan keluhan nyeri tersebut? Hal ini perlu untuk membedakan dari organ mana nyeri berasal. Apakah berhubungan dengan perubahan posisi? Seberapa luas daerah yang nyeri?

 

 

Nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

 

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

 

 

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

 

 

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

 

 

 

 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan?

 

 

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Keluhan nyeri dada pada orang muda jarang disebabkan oleh sakit jantung, lebih sering karena masalah otot atau tulang. Keluhan ini dapat berkurang dengan mengkonsumsi multivitamin dan antinyeri seperti paracetamol. Dilihat dari berat badan Anda, Anda tergolong underweight (berat badan kurang). Apakah Anda menderita batuk-batuk lama?

Sakit kepala sebagian besar (90%) tidak diketahui penyebabnya. Beberapa hal yang dapat mencetuskan adalah kurang tidur dan stress. Sakit kepala dapat juga disebabkan sekunder oleh sakit gigi, demam, flu, tumor otak, dll. Solusinya bisa dengan mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol. Hindari stress dan tidurlah dengan cukup.

 

 

Kami menyarankan Anda berobat ke dokter penyakit dalam untuk ditangani lebih lanjut. Mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan rontgen dada.

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

 

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar