Sukses

Skin Test dan Infus

20 Oct 2014, 05:18 WIB
Pria, 32 tahun.
Dok saya mau bertanya mengenai beberapa hal : 1. Tes Skin Antibiotik, Anak saya mengalami bengkak pada mata, memerah, menurut dokter anak, akibat alergi antibiotik. padahal sebelumnya menurut perawat sudah dilakukan tes skin,tapi kata dokter anak tes skin tidak menjamin bebas dari alergi walaupun hasil tes dinyatakan negatif. Menurut Dokter bagaiamana? 2.Apakah alergi antibiotik bisa mengakibatkan punggung kaki terbakar dan luka? selain kasus di atas, anak saya mengalami bengkak, luka dan seperti terbakar di punggung kakinya, menurut yg saya org awam yg tau kejadian kronologisnya, anak saya dipasang infusan malam harinya, kemudian paginya, kakiny sudah bengkak, begitu dibukan perban infusannya ternyata kakinya sudah terbakar, luka, dan bengkak sampai ke betis, benarkah akibat alergi seperti dikatakan dokter anak, atau akibat cairan infusan yg keluar jalur sejak semalam (lama), sehingga terjadi luka serius seperti itu, dan sampai skrg sudah 6 hari anak saya dirawat khusus untuk mengobati kakinya itu bahkan sempat mau dioperasi....anehnya gak melibatkan dokter kulit malah dokter bedah dan anak saja....bagaimana menurut Dokter? sekian pertanyaan saya, jawabannya ditunggu secepatnya , apa dan siapa yg salah dengan kejadian ini...terima kasih sebelumnya...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

 

  1. Memang benar bahwa skin test (antibiotik) negatif tidak menjamin anak tidak alergi antibiotik tersebut. Skin test positif juga tidak pasti bahwa seseorang alergi antibiotik tersebut. Bila ditemukan skin test negatif, maka antibiotik tersebut boleh diberikan. Bila positif, sebaiknya dihindari.
  2. Sulit menjawab pertanyaan ini karena tidak melihat langsung kejadiannya. Pemasangan infus sendiri dapat menyebabkan flebitis (peradangan pada vena) misalnya karena obat yang diberikan bersifat iritatif sehingga mudah terjadi flebitis. Infus yang keluar jalur biasanya membuat aliran infus berhenti, namun terkadang dapat menyebabkan peradangan pada jaringan sekitar, tergantung dari obat yang diinfus. Ikatan perban yang kencang seharusnya tidak menyebabkan tangan menjadi bengkak. Hal tersebut memang biasanya tidak ditangani oleh dokter kulit.

Kami tidak menyediakan layanan konsultasi via telepon.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar