Sukses

Serangan Jantung

20 Oct 2014, 09:54 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok.... 1. Apa saja resiko orang terkena serangan jantung. ? 2. mungkinkah di usia muda (30) bisa terkena serangan jantung ? 3. apakah bisa terjadi saat istirahat ? karena terus terang sy suka merasakan sakit dada kiri, sakit ulu hati, mual, pusing/sakit kepala, detak jantung cepat. dan sy sangat cemas banget dok takut banget jangan-jangan ini pertanda serangan jantung. trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda mengalami keluhan nyeri dada? Salah satu gejala pada serangan jantung adalah nyeri dada.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan keluhan Anda?

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala serangan jantung sesuai anjuran dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Jika memang hasil pemeriksaan jantung Anda menunjukkan hasil yang normal, maka tidak ada masalah dengan jantung Anda. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda. Anda dapat membicarakan masalah ketakutan ini juga dengan dokter Anda.

Untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai serangan jantung yang banyak disebabkan karena PJK, kami sertakan artikel  yang berjudul:Penyakit Jantung Koroner.

PJK dapat menyerang pada usia pertengahan, mulai dari usia 30 tahun ke atas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar