Sukses

Maag, Tukak Lambung, GERD

20 Oct 2014, 00:06 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok terima kasih atas jawaban sebelumnya . Ada lagi yang ingin saya tanyakan 1. Apa bedanya antara maag, tukak lambung dan GERD ? 2. Apa bedanya antara Cemas dan Depresi ? serta apa ciri ciri/gejala orang dengan gangguan cemas dan depresi ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Maag (dispepsia) merupakan gejala. Tukak lambung merupakan luka pada lambung yang salah satunya juga memberikan gejalan dispepsia.
    Penyakit yang berkaitan dengan asam lambung sering disebut sakit lambung atau sakit maag. Secara medis, sakit lambung didefinisikan sebagai kumpulan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, saluran cerna bagian atas, dan organ sekitarnya. Gejala yang biasa timbul adalah mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, muntah, dan diare.
    Sedangkan gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.
    Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.
    Kami sertakan artikel: Beda Sakit Maag dengan GERD.
  2. Cemas merupakan keadaan takut berlebihan (seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya). Depresi merupakan keadaan di mana mood seseorang cenderung turun/buruk.
    Kami sertakan artikel: Depresi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar