Sukses

Anak Hanya Makan Nasi

19 Oct 2014, 18:38 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dear Dokter, Saya ibu dari putri berusia satu tahun. Masalahnya anak saya ini tidak mau makan kecuali hanya nasi putih. Saya sudah coba berbagai resep untuk anak balita, tapi tetap dia tidak mau. Minum susu tidak bisa banyak, hanya 120ml tiap 2-3 jam sekali. Sedangkan anak saya tidak bisa diam. Pertumbuhannya hanya tinggi badan yang kasat mata kelihatan. Baju satu bulan lalu sudah gantung kalo dipakai. Bagaimana ya dok, saya khawatir anak saya kurang gizi. ohya, saya jg rutin memberinya vitamin. Tapi ya itu tetap makan maunya hanya nasi putih. terimakasih jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Memang usia anak Ibu saat ini rawan sulit makan. Namun itu termasuk dalam proses pertumbuhannya dan sebaiknya digunakan sebagai kesempatan untuk memperkenalkan segala jenis makanan pada anak Anda. Ibu juga dapat memilih sendok berwarna-warni yang lucu, atau dengan bentuk-bentuk yang lucu  (misal: pesawat terbang, burung, dll) yang bisa diperoleh di pusat perbelanjaan. Hal ini mungkin dapat membantu menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Hal ini juga berlaku dengan alat-alat makan lainnya. Ibu mungkin dapat mencoba mangkuk, piring atau gelas yang berwarna-warni dengan gambar-gambar yang anak Ibu sukai.

 

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1.  Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

  2.  Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  3. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  4.  Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.

  6. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  7. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  8. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  9. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan. 

Anda juga dapat mengakses artikel yang kami sertakan berikut ini:

Trik Memancing Selera Makan Anak Anda

Mengatasi Anak Sulit Makan.

Untuk panduan makanan dan panduan tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Anak danRubrik Gizi yang kami miliki.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar