Sukses

Gangguan Cemas Berlebih

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok kebetulan ketika sy ingin bertanya sy membaca pertanyaan dan jawaban yg berjudul "Dada Kiri Sakit Berpindah ". sama sy mengalami seperti itu selalu Sakit kepala, dada sakit, mual, pegal kaki dan yang paling menyiksa adalah rasa cemas atau takut. yang ingin sy tanyakan : 1. sejauh mana rasa cemas atau takut berlebih dapat merusak organ tubuh kita dan bagaimana cara membedakan penyakit fisik sama pikiran saja. 2. apakah saja gejala atau ciri dari orang yang mengidap cemas berlebih ? 3. apakah cemas berlebih sama dengan depresi ? 4. apakah gangguan cemas bisa hilang tanpa obat dan bagaimana penanganannya ? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu.
  2. Gangguan cemas  dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu.
  3. Dalam kategori diagnosis psikiatri, gangguan cemas berbeda  dengan depresi.
  4. Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri. Namun, jika tidak dapat diatasi sendiri dan mengganggu kualitas dan kenyamanan hidup, maka perlu bantuan obat-obatan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar