Sukses

Lendir Tenggorokan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 22 tahun.
dokter saya indra berusia 22 tahun.. saya ada keluhan tenggorokan saya setiap menelan ludah seperti ada lendir di tenggorokan dan agak susah nelan ludahnya.. tapi kalau makan dan minum gak terasa lendirnya,,hanya saja setiap nelan ludah saja terasa ada lendir.. saya perokok dokter..dan sekarang ludah saya terasa agak pahit..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung?

Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi.

Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT dan diperiksa lebih lanjut.

Lidah terasa pahit memang dapat terjadi pada mereka yang merokok karena bahan-bahan kimia yang terdapat dalam rokok. Kami menyarankan Anda agar berhenti merokok karena sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut kami sertakan artikel mengenai Rokok untuk bahan pemikiran Anda:

Berhenti Merokok

Alasan Tambahan Untuk Berhenti Merokok

Stop Merokok!

Kandungan Kimia Pada Rokok

Tips Berhenti Merokok

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar