Sukses

Perkiraan Lahir 2

20 Oct 2014, 09:54 WIB
Pria, 29 tahun.
Maaf, tadi HPHT nya 20 Nov '10, USG pada 28 Jan'11 5 minggu,tanggal 25 Sept '11 saya USG lagi sdh 37 minggu + 2hari, apakah perhitungan ini benar ? karena saya cek USG dokter lain,HPL nya 27 Sept '11, tapi sampai hari ini, istri saya belum melahirkan, bagaimana solusinya ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter


Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, perhitungan usia janin yang lebih akurat memang dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG, meskipun masih mungkin terjadi pergeseran karena faktor ukuran janin. Janin terkadang dapat berukuran lebih besar atau lebih kecil dari usia sesungguhnya.

Usia kehamilan yang harusnya sudah memasuki usia persalinan adalah 37-42 minggu. Untuk itu saat ini sebaiknya Anda memperhatikan tanda-tanda persalinan.

Menjelang persalinan, Anda sebaiknya memperhatikan tanda-tanda yang dapat dikenali agar dapat segera membawa diri ke rumah sakit atau bidan bersalin. Beberapa tanda-tanda menjelang waktunya persalinan antara lain :

1. Adanya lendir bercampur darah
Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai istri Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban yang pecah, sebelum Anda membawa istri anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila istri anda mengalami pendarahan hebat.

 

 

2. Air ketuban pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi akan pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.


 

3. Kontraksi yang teratur
Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar