Sukses

Perkiraan Lahir

20 Oct 2014, 02:02 WIB
Pria, 29 tahun.
Dokter, mau tanya HPHT istri saya tanggal 28 Nov '10, setelah di USG tanggal 28 Jan'11, usianya 5 minggu, kira-kira HPL nya tanggal berapa ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah siklus menstruasi istri Anda sebelumnya tidak teratur?

Perkiraan tanggal persalinan memang tidak dapat dipastikan akurasinya 100%. Penghitungan usia kehamilan memang perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Sebenarnya juga tidak dapat berpatokan pada HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) karena tingkat keakuratannnya rendah. Hal ini berkaitan dengan siklus haid wanita bersangkutan. Diperlukan siklus haid yang teratur minimal 6 bulan terakhir untuk dapat berpatokan pada HPHT. Apakah siklus haid selama 6 bulan terakhir sebelum kehamilan memang teratur?

Perhitungan usia janin yang lebih akurat memang dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG, meskipun masih mungkin terjadi pergeseran karena faktor ukuran janin. Janin terkadang dapat berukuran lebih besar atau lebih kecil dari usia sesungguhnya.

Perkiraan Persalinan atau Kelahiran memang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang sering dilakukan adalah dengan menghitung perkiraan berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan menggunakan rumus Naegele, yakni hari ditambahkan 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambahkan 1. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Namun, jika HPHT istri Anda adalah 28 November 2010 sedangkan pada tanggal 28 Januari 2011 baru berusia 5 minggu, maka ada ketidaksesuaian HPHT. Apakah Anda dan istri belum melakukan pemeriksaan USG lagi?

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG yang tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar