Sukses

Ruam Popok

20 Oct 2014, 10:49 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok, saya ingin tanya tentang Diaper Rush / Ruam Popok. saya punya keponakan laki-laki usianya 1,5 tahun. dia dibiasakan ibunya memakai diaper 1x pakai buang. bagaimana dengan segi kesehatannya? apakah lebih banyak mengiritasi kulit, bila sudah parah, apakah akan menular ke organ genitalianya? sebaiknya memakai popok kain biasa, diaper 1x pakai atau clodie (popok kain yg tebal model baru). dan tolong jelaskan apa yang dimaksud Diaper Rush, bagaimana proses inflamasinya, pengobatan dan pencegahannya. Mohon dibuat Artikelnya, karena sudah saya search tidak ada. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penggunaan pampers  (popok sekali pakai) setiap hari pada bayi tidak memiliki efek samping. Yang perlu diperhatikan adalah frekuensi penggantian pamper yaitu setiap kali bayi buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Hal ini untuk mencegah timbulnya ruam popok. Ruam popok ini terjadi akibat iritasi air seni serta gesekan antara kulit dan  popok. Ruam biasanya lebih parah pada bagian kulit yang bersentuhan dengan air seni.

Cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi masalah ini adalah dengan sering melakukan pengantian popok dan waktu udara. Jeli petroleum (vaselin dan jenis lain)  atau obat salep oksida seng bisa membantu melindungi kulit sehingga tidak terkena iritasi lebih jauh. Obat salep menciptakan sebuah lapisan yang menutupi pantat bayi. Penggunaan bedak juga dapat mengurangi daya gesek antara kulit dan popok.

Kami sudah menyertakan artikel mengenai ruam popok yang dapat diakses di sini: Pemakaian Popok yang Sehat

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (JF)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar