Sukses

Belum Mimpi Basah

19 Oct 2014, 19:56 WIB
Pria, 24 tahun.
dok, saya mau nanya. saya sudah berusia 24 tahun, tetapi saya belum mengalami perubahan seperti "mimpi basah", dan di ditubuh saya tidak tumbuh kumis, tidak tumbuh bulu kaki, tidak ada jakun. ada bulu kemaluan tapi tidak banyak. ukuran penis normal pun kurang lebih hanya sepanjang 3cm. beberapa tahun terakhir saya masih merasa ada di masa pertumbuhan. seperti misalnya tinggi tubuh saya masih bisa bertambah. padahal sebagian besar orang berkata kalo umur 20tahun adalah tahun terakhir untuk masa pertumbuhan. apa yang terjadi pada saya? dan apa rekomendasi untuk hal2 yang harus saya lakukan?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

 

 

 

Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada umumnya seorang laki-laki mulai mengalami mimpi basah pada usia sekitar 13-16 tahun. Pada usia 17-18 tahun, 2/3 laki-laki akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah sendiri adalah suatu fenomena kedewasaan laki-laki.

 

Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki, yang sekaligus menjadi tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini bisa berupa mimpi yang erotis atau tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri. Mimpi basah berfungsi sebagai katup pengaman fisiologis ketegangan seksual. Hal tersebut dicetuskan karena mimpi basah tejadi pada sebagian besar laki-laki lajang; setelah seorang laki-laki menikah (dan mungkin menemukan saluran yang tetap dan memuaskan bagi hasrat badaninya) mimpi basah tersebut biasanya berhenti.

Mimpi basah, secara bertahap akan berkurang frekuensinya pada saat seorang laki-laki berusia dua puluh tahunan dan hanya kadang-kadang saja terjadi pada usia tiga puluhan dan hampir tidak terjadi lagi pada usia empat puluhan.

Apakah Anda sudah mengalami perubahan suara menjadi berat? Apakah terjadi perubahan ukuran penis dan biji pelir/testis? Bila tidak, bisa jadi ada gangguan hormon yang mendasari keluhan Anda. Untuk pertumbuhan sendiri, biasanya masih bisa berlanjut hingga usia 25 tahun.

Kami menyarankan Anda pergi berobat ke dokter spesialis Andrologi untuk diperiksa lebih lanjut. Mungkin diperlukan juga pemeriksaan laboratorium sebagai penunjang diagnosis.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter


    1 Komentar

    • Ridho Maulana

      Bagaimana jika saya belum mengalami mimpi basah tetapi saya sudah mengalami perubahan2 pubertas,seperti tumbuh bulu kemaluan/dada bidang dll tapi saya blm mengalami mimpi basah??? Knp ya itu??