Sukses

Obat Baru Lupus

20 Oct 2014, 02:50 WIB
Wanita, 22 tahun.
Saya perna diberitahu oleh teman bahwa ada obat baru untuk pasien LUPUS yaitu BENLYSTA. Apakah obat ini bisa menyembuhkan LUPUS ? Apakah obat ini sudah mendapatkan ijin dari Depkes dan POM ? Apa efek samping dari obat ini ? Apakah obat ini sudah beredar di Indonesia ? Trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Benlysta (Belimumab) memang merupakan obat baru yang disetujui (approved) oleh Food and Drug Administration di Amerika Maret 2011 yang lalu. Namun obat baru belum tentu bagus. Menurut beritanya, efektivitasnya hanya tingkat menengah. Hanya 30% pasien yang mengkonsumis obat tersebut yang menunjukkan efek positif. (WebMD). Sistemic Lupus Erythematosus (SLE) merupakan penyakit autoimun yang berlangsung kronis. Maksudnya adalah sering kambuh-kambuhan. Untuk sembuh total, sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Menurut sepengetahuan kami, obat ini masih belum mendapat ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena itu belum beredar di Indonesia.

Efek samping dari belimumab yang dilaporkan adalah sekitar 5,9 persen, yaitu sakit kepala, sakit sendi, infeksi saluran napas, infeksi kandung kemih, dan influenza. Ada juga yang melaporkan bahwa dapat menyebabkan kanker, depresi, dan upaya bunuh diri.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar