Sukses

Bisul dan Fistula

18 Oct 2014, 17:24 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok.. Mau tanya kenapa yah di tangan dekat siku tangan saya ada bisul tapi ga hilang-hilang dalam beberapa hari (sudah hampir mendekati seminggu) dan tiap kali tidak sengaja tersentuh sakit cukup luar biasa kayak di tusuk pakai jarum. Ini kira-kira harus ke dokter kulit atau apa gitu sebab dahulu saya pernah operasi anal fistula nah di oper dokter bedah.. Ngomong-ngomong tentang anal fistula dan tampaknya di dekat dubur saya ada tanda-tanda seperti dahulu dan itu bisa tidak yah di buat supaya tidak kambuh lagi sebab saya baca artikel ( https://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2008/10/20/1885/anal-fistula ) disebutkan ini penyakit bisa saja muncul kembali/kambuh? Sebab agak risih ah suka keluar nanah dan kebetulan sekarang sudah pecah dan kadang kala keluar nanah tapi sedikit sepertinya (kejadian hampir mendekati seminggu berbarengan dgn bisul di tangan dan berkas bekas nanah saat ini sedikid)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisik yang baik. Diperlukan informasi seperti lokasi tepatnya, ukuran, warna, konsistensi, bentuk, daerah sekitar, dan informasi terkait lainnya yang perlu didapatkan dari pemeriksaan langsung. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik terlebih dahulu.

Keluhan bisul pada siku tangan Anda dapat merupakan bisul dengan nanah yang merupakan proses infeksi dan memang pengobatannya memerlukan antibiotik. Anda dapat mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Nampaknya, yang Anda maksudkan adalah Anal fistula yang merupakan kondisi adanya saluran penghubung antara anus dan kulit yang menetap hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.

Penyebab anal fistula adalah sumbatan (bisa akibat kotoran/feses, luka atau benda asing)dan infeksi dari kelenjar di daerah dubur yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur, kulit menjadi merah, sakit dan ada benjolan (penderita biasanya merasakan demam).

Peradangan ditambah dengan adanya kuman akan mengakibatkan terbentuknya abses /nanah. Dengan bertambahnya kumpulan nanah maka rasa sakit juga akan bertambah. Pada tahap ini pemberian antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan/menghilangkan nanah. Oleh karena itu tujuan terapi adalah menghilangkan nanah yang ada melalui proses drainase (dialirkan keluar melalui pembedahan). Akan tetapi, nanah dapat pecah sendiri (spontan). Setelah nanah keluar dan luka mengering, ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah. Meskipun tidak sakit tetapi akan mengganggu kehidupan sehari-hari.  Kondisi ini disebut anal fistula.

Jika memang pada saat ini, pada daerah anus Anda sudah mulai mengeluarkan cairan nanah kembali maka hal ini perlu diwaspadai bahwa anal fistula Anda telah mengalami kekambuhan.

Untuk memastikan kondisi Anda saat ini, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk memastikan diagnosis dan menentukan penanganan yang optimal yang Anda butuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar