Sukses

Posisi Testis

09 Feb 2015, 12:44 WIB
Pria, 14 tahun.

Pagi dokter saya mau tanya, kenapa testis / biji pelir saya yang sebelah kanan lebih rendah daripada yang sebelah kiri? jadi yang sebelah kiri lebih turun kebawah, sementara yang kanan lebih diatas, tidak sejajar dengan yang kiri. apakah bisa berpengaruh ke tidak suburan / mandul? mohon info dan solusi.. trims...

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Memang benar bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki varian normal seperti yang Anda baca. Umumnya perbedaan tersebut tampak lebih dominan pada sisi kiri tubuh akibat perbedaan struktur anatomi pembuluh darah pada sisi kanan dengan sisi kiri tubuh. Pada umumnya, laki-laki memiliki testis kiri yang tampak lebih rendah dibandingkan testis kanan (65%), dan perempuan memiliki payudara kiri yang tampak sedikit lebih besar dibandingkan payudara kanan.

Bagaimanapun, masih ada 35% laki-laki yang testis kanannya tampak lebih rendah dibandingkan testis kiri. Oleh sebab itu, selama Anda tidak memiliki keluhan maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, Anda juga mengeluhkan nyeri pada testis tersebut sehingga perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Apabila nyeri tersebut dirasakan sangat mengganggu, terlebih apabila disertai demam, pembengkakan atau kemerahan pada testis, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis urologi untuk tatalaksana yang lebih optimal. Semakin cepat diagnosis ditegakkan, pengobatan akan semakin cepat diberikan dan hasil yang didapatkan juga akan semakin baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar