Sukses

Benjolan di Beberapa Tempat

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dear Dokter, Saya mau bertanya, suami saya awalnya mempunyai benjolan kecil di pinggang belakang diameter sekitar 3cm. Tiba2 muncul benjolan di tempat lain yaitu di lengan, paha, perut bawah (point yg baru ditemukan). Pertanyaan saya : 1. Apakah hal tsb termasuk jenis tumor atau apa ya dok? 2. Apakah berbahaya atau tidak dan apa yg harus saya lakukan untuk pncegahan & pengobatannya? BR, Lenny
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter



Ibu/Saudari yang Terhormat. 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan pada Suami Anda yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan di daerah pundak dan punggung biasanya disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak) dan kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja).

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya.

Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  •  
  • Apakah ada nyeri
  •  
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya

 

Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya.


Kami menyarankan Suami Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut. Bila perlu dilakukan operasi kecil untuk biopsi sekaligus mengangkat benjolan.

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar