Sukses

Oatmeal dan Susu

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 19 tahun.
dok. mau tanya neh.. Saya ingin menggemukan badan.. tapi sayang jg seorang vegetarian (lacto-ovo), bagaimana caranya ya dok? lalu kata teman saya kalau makan oatmeal seperti quaker oat (dia sih makan oatmeal dicampur susu bubuk) bisa menambahkan berat bedan, apa benar dok? katanya dia udah mulai gemukan dikit dalam 2 minggu.. tapi saya melihat di internet malah oatmeal untuk diet.. saya jd bingung..mohon petunjuknya ya dok.. terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Sebenarnya saat ini Anda tidak tergolong underweight atau kurus, dan sebenarnya tergolong ideal sehingga tidak terlalu diperlukan untuk meningkatkan berat badan.

Memang oatmeal sering dipakai untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan karena tinggi serat sehingga dapat membuat terasa kenyang, namun dengan kalori yang cukup dan zat gizi yang cukup mengandung protein, vitamin dan mineral. Yang mungkin membuat peningkatan berat badan adalah konsumsi susu (mungkin yang tinggi lemak).

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan bila diperlukan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Pada kasus Anda, protein pada telur dan susu dan juga kandungan lemak dapat membantu, namun sebaiknya telur tidak dikonsumsi berlebihan karena kuning telur merupakan sumber kolesterol.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma
  • Memperbanyak minum air putih.

Untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual. Sebelum ke dokter gizi, Anda juga dapat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu sebab berat badan kurang.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar