Sukses

Sakit Perut Kanan Bawah

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
salam,,mulai 3 bulan yg lalu perut kanan bawah saya sering sakit, setelah diperiksa memang ada usus buntu dan sudah dioperasi 1 bln yg lalu,,setelah operasi masih suka sakit perut baik dititik yg sama dgn yg dioperasi maupun dititik perut kanan yg lain. sejak mulai sakit perut tsb perut saya lebih buncit dr biasanya padahal makan saya sedikit. dan bbrp minggu ini saya menjadi cepat kenyang, agak kurang nafsu makan,berat badan turun (selama ini saya tidak gampang turun berat badan..sakit perut itu seperti ngilu sampai disekitar tulang vagina..saya sudah periksa ke internist kgeh, katanya peristaltik usus agak terganggu & byk gas, saya diberi obat tp blm saya minum,,krn saya msh kurang yakin, saya ke dkter kndungan, di usg memang ada kista 2 cm, itu bs diabaikan ktnya, yg jelas rahim normal, tp dkter blg mgkn mmg endometriosis namun tdk keliatan di usg tsb,, karena jawaban jg kurang meyakinkan, saya disuruh periksa urine siapa tau infeksi saluran kencing, memang ada bakteri tp sedikit dan dkter tdk blg saya kena infeksi saluran kencing,akhirnya dktr kndungan mmberi obat interflox 500 dan mefinal, tp saya blm minum jg,,sebetulnya saya blm puas dgn hasil periksa tsb krn dkter tsb pasiennya byk dan kurang mnjelaskan detail,,saya mohon bantuan opininya, kalau blm jelas pyebab sakit ini saya jd ragu minum obat2an..apa obat2 tsb saya minum saja? apa pykit yg brhubungan dgn usus bisa sakit sampai daerah sekitar tulang di vagina? pipis saya normal, tidak sakit ketika pipis, ketika mens sangat sakit, tdk ada mual, rasa ngilu selalu ada setiap hari..sbelumnya terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Karena keluhan tersebut tidak khas untuk suatu penyakit tertentu, diperlukan beberapa informasi tambahan untuk mengetahui penyebab timbulnya keluhan anda, seperti :
  • Apakah nyeri yang anda rasakan terasa tajam (seperti ditusuk-tusuk), tumpul, atau melilit?
  • Apakah keluhan nyeri tersebut menjalar ke tempat lain atau tidak?Kemana arah penjalarannya?

  • Apakah yang menjadi pemicu keluhan nyeri tersebut atau hal-hal yang meringankan keluhan nyeri tersebut?

  • Adakah keluhan-keluhan lain yang menyertai keluhan nyeri yang anda dirasakan, seperti panas badan, lemah badan, mual, muntah, perut kembung, gangguan BAB (mencret, sulit BAB atau tidak BAB sama sekali), BAB berdarah, nyeri ketika BAK?

  • Apakah anda sedang mengalami menstruasi saat keluhan timbul?

  • dll.

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah (khususnya dibawah pusar) dapat disebabkan karena:

  1. Gangguan saluran pencernaan

          Contoh : sumbatan pada saluran cerna, infeksi saluran cerna, atau keganasan

  1. Gangguan sistem reproduksi

 

          Contoh : dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar

          rahim), kista ovarium, endometriosis

  1. Gangguan saluran kencing

          Contoh : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah 

Untuk menegakkan suatu diagnosis, memang tidak selalu mudah. Jadi, bila Anda ingin memastikan diagnosis yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG abdomen lengkap (termasuk saluran kemih), kultur urin (untuk menegakkan diagnosis infeksi saluran kemih). Namun, terkadang dokter tidak melakukan pemeriksaan yang sangat lengkap karena mungkin dengan obat-obat yang diberikan keluhan tersebut dapat membaik. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengkonsumsi dulu obat tersebut, bila tidak membaik Anda perlu kontrol ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan tambahan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,                                       

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar