Sukses

Benjolan di Bawah Telinga

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 21 tahun.
selamat siang semuanya. perkenalkan saya nisa. beberapa hari ini saya merasa kaget karena ketika memegang leher terasa seperti benjolan di leher samping kiri tepat di bawah daun telingga, sekitar 5 cm diametrnya. kemudian saya pegang dan tekan akhirnya katika ingin menoleh kekiri. dan akhir-akhir ini saya gampang gatal-gatal disertai sakit tenggorakan. saya memang sudah lama merasa pegal-pegal di leher. saya menduga ini kanker getah bening. apakah demikian? jika benar, adakah makanan yang harus saya hindari maupun lebih baik saya makan. terimakasih. mohon bantuannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk mendiagnosis benjolan, diperlukan informasi seperti: jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll.

Apakah benjolan pada bagian bawah telinga Anda tersebut memiliki konsistensi lunak atau keras? 

Kemungkinan benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar getah bening biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. ApakahAnda sedang sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter  menyangkut diagnosis benjolan Anda.

Benjolan yang bersifat kanker biasanya akan membesar dengan cepat, permukaannya kasar, sifatnya keras, sulit digerakkan.

Bagaimana dengan benjolan Anda? Jika memang benjolan tersebut mengkhawatirkan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, diagnosis dini dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar