Sukses

Benjolan di Penis

20 Oct 2014, 10:01 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang dok, Suami saya (28 thn), di alat vitalnya terdapat benjolan keras dan nyeri jika sdg ereksi. Dalam keadaan normal, tidak ada keluhan.(untuk diketahui, semasa sblm menikah, dia prnah menyuntikkan obat pembesar ke penisnya) itu sudah berlangsung sekitar 3-4 thn yg lalu. Awalnya hanya kecil dan tidak sakit, tapi 1 bulan terakhir ini baru sakit. Bagaimana solusinya dok?kami bingung mau konsultasi ke dokter spesialis mana?apakah benar spesialis kulit dan kelamin? sdgkan didaerah saya, tidak ada dokter laki-laki yang ada dokter spesialis yg perempuan. Atas jawaban dan bantuan dokter, kami ucapkan terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan pada alat vital suami Anda dapat berhubungan dengan penyuntikkan obat pembesar penis pada 3-4 tahun yang lalu, namun dapat juga tidak berhubungan.

Untuk memastikan diagnosis suami Anda, selain diperlukan informasi-informasi yang mendetil dan lengkap juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Sebagai contoh, kami tidak tahu di mana lokasi persis benjolan yang suami Anda sebutkan? Bagaimana daerah sekitarnya? Pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab adalah:

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?
  • Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?
  • Berapa jumlahnya?
  • Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?
  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?
  • Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?
  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik.Dan memang, kelainan kulit, paling baik jika didiagnosis lewat pemeriksaan langsung. Mengingat keterbatasan kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar