Sukses

Tumor Otak?

20 Oct 2014, 06:32 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok saya mengalami sakit kepala disertai mual saat kelelahan misalnya setelah mengepel atau bekerja di depan laptop selama berjam-jam,, saya sempat mencari info di internet katanya sakit kepala disertai mual bisa jadi tanda tumor otak,,apakah benar? dan apakah pemeriksaan kepala yg perlu saya lakukan?cukup dengan rontgen torax atau perlu CT-scan?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan  tension type headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak biasanya memiliki ciri sakit kepala yang semakin lama semakin berat intensitasnya dibandingkan sakit kepala sebelumnya, biasanya juga disertai dengan gangguan neurologis (saraf), misalnya gangguan penglihatan, kelemahan tubuh sesisi, dll. Biasanya sakit kepala oleh tumor otak menyebabkan sakit kepala dan muntah (tanpa didahului rasa mual). Namun, keluhan mual sangat umum terjadi dan tidak khas menunjukkan penyakit tertentu.

Kami menyarankan Anda berobat ke dokter syaraf terlebih dahulu untuk diperiksa lebih lanjut. Bisa jadi, keluhan yang Anda rasakan hanya karena kelelahan. Gangguan pada mata juga dapat menyebabkan sakit kepala, misalnya mata minus, plus, atau astigmatisme. Bila dianggap perlu, baru dilakukan CT scan kepala. Tidak semua kasus sakit kepala memiliki indikasi untuk dilakukan pemeriksaan CT-scan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar