Sukses

Mendeteksi Kehamilan

20 Oct 2014, 05:21 WIB
Wanita, 28 tahun.
terimakasih atas kesempatannya.. dok, saya mau bertanya. saya dan suami menjalani KB alami,dg cara mengeluarkan sperma di luar. sejak awal bulan agustus atau tepatnya awal puasa 2011 kmrn kami memutuskan untuk lepas KB. Haid terakhir saya 18 juli 2011.normalnya tanggal 18 agustus kemarin sy sdh haid lg, tapi sampai sekarang saya belum haid, jadi terlambat sekitar tiga minggu . kmd kami memutuskan periksa k bidan. dari hasil tes urine positif muncul dua garis pd alat test kehamilan, namun garis yang satunya samar. kemudian kami melakukan test kehamilan sendiri di rumah, hasilnya masih sama, terlihat samar. kmd kami periksa k dokter kandungan, dr hasil USG masih terlihat samar jg belum bisa diamati dg jelas menurut dokter. yang ingin saya tanyakan : 1. apakah saya positif hamil..jika iya, normalkah kehamilan saya dengan hasil test yang samar spt itu. 2. jika saya mmg hamil, kira2 berapa usia kandungan saya.. 3. tindakan apa yang harus saya lakukan dengan keaadaan itu, krn sy jadi khawatir dg kondisi kehamilan saya. 4. krn ketidaktahuan saya akan kehamilan saya, kmrn saya puasa ramadhan selama satu bulan, apakah itu berpengaruh terhadap kondisi janin saya.. atas perhatiannya sy ucapkan Terimakasih....
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

 

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

  1. Biasanya menstruasi telat 1-2 minggu dapat memberikan hasil test pack positif. Bila masih negatif, Anda dapat mengecek ulang 2 minggu lagi bila belum dapat menstruasi. Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.
  2. Bila memang telah positif hamil maka usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir, yaitu sekitar 7 minggu. Penghitungan lebih akurat usia kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG.
  3. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap dalam menyambut kehamilan Anda.
  4. Selama masa puasa Ramadhan, jika Anda tidak mengalami gejala-gejala mual, muntah, dst yang mengganggu kesehatan fisik Anda selama berpuasa maka mudah-mudahan berpuasa tidak mengganggu kesehatan Anda maupun janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar