Sukses

Kaki Bengkak 2

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 46 tahun.
Salam dokter..... Sejak saya kuliah, th 1984, kalau saya mengikuti kegiatan yg banyak duduk, kedua kaki saya bengkak. Biasanya perlu bbrp hari utk normal kembali. Apakah ada hubungannya karena saya sering diet ya?? Apakah gejala tsb ada hubungannya dg gangguan jantung/ginjal ?? Atau hanya gangguan peredaran darah ?? Gejalanya hanya bengkak saja, tanpa rasa sakit atau memerah. Dengan posisi ditinggikan, akan kempes dlm 2-3 hari. Kira2 apa yg harus saya lakukan, agar tidak bengkak ?? Ada obat yg bisa saya konsumsi? Atau makanan yg harus saya hindari ?? Atau olahraga tertentu ?? Terimakasih banyak dokter. Wasalam
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, keluhan kaki bengkak bisa saja berhubungan dengan gangguan ginjal atau jantung. Apakah Anda memiliki keluhan berhubungan dengan buang air kecil? Apakah Anda memiliki riwayat darah tinggi, sering sesak, berdebar-debar? Selain gangguan jantung dan ginjal, bengkak juga bisa terjadi pada orang yang hipoalbuminemia (kekurangan protein dalam darah) dan pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Melihat berat badan Anda, Anda termasuk yang overweight. Pada orang yang owerweight, bisa terjadi penumpukan cairan di tungkai bila berdiri terlalu lama (keluhan bengkak biasanya tidak berat) dan menghilang bila tungkai diangkat. Bagaimana dengan diet Anda?

Meskipun demikian, kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter, agar dapat dipastikan penyebabnya. Mungkin diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti menilai kadar albumin (protein darah).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar