Sukses

Keluhan saat Hamil Muda

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 21 tahun.
dokter, saya ingin tahu bagaimana efek terhadap wanita yang hamil muda dibawah 1 bulan.. saya dan suami saya memutuskan belum ingin memiliki momongan untuk waktu dekat. masa dari menstruasi ke menstruasi berikutnya hanya 21 hari. nah, belum lama ini, setelah hari ke 3,4,5 hari setelah selesai menstruasi, saya berhubungan intim dengan suami saya tanpa pengaman. berapa lama waktu hidup sperma? nah, apakah saya bisa hamil karenanya? nah, kenapa payudara saya terasa aneh seperti masa pra-menstruasi, padahal belum ada 2 minggu saya mengalami menstruasi? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berhubungan seksual setelah menstruasi kecil kemungkinan dapat menyebabkan hamil, karena saat tersebut bukan masa subur. Meskipun kecil kemungkinannya, tetap saja mungkin bila dilakukan tanpa alat kontrasepsi. Usia sperma berkisar antara 48-72 jam.

Kehamilan usia muda kadang-kadang menimbulkan keluhan mual dan muntah (pada beberapa orang), keterlambatan menstruasi, dan payudara membesar. Pada beberapa orang, tidak ada keluhan sama sekali. Saran kami, gunakanlah alat kontrasepsi bila tidak ingin hamil dulu saat ini.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar