Sukses

Ari-ari Menempel Rahim

19 Oct 2014, 08:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
sore dokter, mengenai ari2 yg menempel dirahim.. semalam kakak saya melahirkan melalui oprasi secar, setelah bayi keluar dokter bilang ari2 menempel pd rahim sehingga rahim harus ikut diangkat juga.. dan ini bukan hanya terjadi pada kakak saya saja, beberapa tahun yg lalu tante saya juga melahirkan diRS yg sama, tp secara normal tetapi sampai 12 jam setelah bayi keluar ari2 tidak juga keluar sampai dilakukan kuret pun ari2 tidak bisa keluar, kata dokter waktu itu ari2 bayinya menempel pada rahim jadi harus dilakukan oprerasi pengakkatan rahim.. yg saya tanyakan apakah penyebab ari2 menempel pada rahim sehingga pd saat melahirkan baik secara normal maupun operasi secar ari2 tidak ikut keluar.. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Plasenta (ari-ari) melekat erat pada uterus (rahim) sehingga dibutuhkan pengangkatan rahim kemungkinan besar disebabkan oleh plasenta accreta. Plasenta accreta adalah invasi plasenta yang cukup dalam pada dinding rahim tetapi tidak menembus otot rahim. Bila menembus otot rahim, disebut dengan plasenta increta. Bila lebih dalam lagi hingga ke selaput pembungkus rahim (lapisan serosa), maka disebut dengan plasenta perkreta. Invasi yang dalam pada rahim inilah yang menyebabkan plasenta tidak dapat lepas atau keluar setelah melahirkan, baik secara normal ataupun sectio caesaria. Kondisi tersebut mengharuskan pengangkatan rahim bila perdarahan terjadi terus-menerus, karena dapat membahayakan nyawa ibu.

Penyebab pastinya belum diketahui. Namun plasenta accreta berhubungan erat dengan riwayat operasi caesaria sebelumnya. Semakin sering operasi caesar sebelumnya, semakin tinggi risiko plasenta accreta. Tindakan-tindakan lain yang melibatkan kandungan (uterus) seperti kuret dan miomektomi (pengangkatan miom rahim) juga meningkatkan risiko terjadinya plasenta accreta. Apakah kakak dan tante Anda sudah pernah dioperasi caesar sebelumnya? Ada juga kondisi lain yang disebut plasenta previa (letak ari-ari menutupi jalan lahir). Plasenta previa ini meningkatkan risiko terjadinya plasenta accreta.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar