Sukses

Sakit Jantung atau GERD

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 49 tahun.
Mau bertanya Dokter, Awalanya saya merasakan seperti gejala penyakit jantung seperti yang sering dibaca di media, kemuadian saya check dengan EKG, TREad Mill, CT-Scan, ternyata jantung saya tidak ada masalah menurut Dokter Jantung. Dalam kurun waktu selama satu bulan untuk proses penyelidikan jantung tersebut, saya sempat masuk UGD, karena sesak napas, dada nyeri, dan setelah diobservasi oleh dokter saya ternyata mengidap penyakit asam lambung yang parah ( GERD ). Pengobatan dan terapipun dilakukan hampir 2 bulan, dan sudah mulai sembuh. Dalam bulan puasa ini saya terus berpuasa, dan setelah berbuka sering terasa sesak napaa, badan lemas,jantung berdebar - debar, dan kadang terasa denyut jantung lemah. Saya check tensi darah saya adalah 120/70, Denyut Jantung 60, dan Gula Darah Puasa 115. Apakah gejala ini gejala Lemah Jantung, karena dada sering nyeri, sesak napas, jantung sering berdebar - debar, Terima kasih sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kapan Anda memeriksakan EKG, CT-scan, dan Treadmill tersebut? Apakah Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti darah tinggi, diabetes mellitus (kencing manis), kolesterol tinggi, merokok, dan riwayat keluarga serangan jantung? Bila tidak ada faktor risiko tersebut, maka kecil kemungkinan Anda menderita sakit jantung. Bila pemeriksaan yang Anda utarakan sudah lama (misalnya > 6 bulan) dan Anda memiliki faktor risiko, maka Anda dapat mengulangi pemeriksaan Treadmill untuk memastikan apakah sakit jantung atau tidak.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan? Berapa lama biasanya rasa sakit atau nyeri pada dada kiri Anda rasakan? Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, diperlukan informasi tambahan lain seperti, bagaimana sifat nyerinya, bertahan berapa lama, apa pemicu timbulnya, kapan hilangnya, dll. Apakah selama ini sudah mengonsumsi obat-obatan? Bagaimana hasilnya?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda?

GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease) dapat juga menimbulkan keluhan yang Anda utarakan. Keluhan sakit maag biasanya muncul bila terlambat makan (termasuk saat kondisi berpuasa) atau pada saat setelah makan, berbeda dengan keluhan Angina yang muncul setelah aktivitas fisik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar